Oleh: pjsimanjuntak | April 22, 2008

Kadep Diakonia HKBP memberikan ceramah kepada Mahasiswa Sekolah Pendeta HKBP

Sebagai pelayan di ladang Tuhan khususnya di gereja HKBP harus ikut ambil bagian dalam mempersiapkan warga jemat dalam meningkatkan tarap kehidupannya. Sehingga melalui pelayanan tersebut warga jemaat semakin merasakan berkat Tuhan dalam hidupnya sehari-hari. Selanjutnya mendorong dia untuk berbakti kepada Tuhan dengan baik. Salah satunya adalah mengurangi tingkat kemiskinan bagi warga jemaat tersebut. Dan mendorong warga jemaat untuk kerja keras. Sebab kemiskinan ini salah satu faktor yang membuat manusia menjadi malas. Hal itu dianggap sebagai musuh utama bagi umat manusia. Para pelayan Tuhan harus ikut ambil bagian dalam upaya mensejahterakan warga jemaat sekaligus sebagai anggota masyarakat. Sebab masyarakat sejahtera gerejapun sejahtera. Masyarakat sejahtera para pelayanpun (hamba Tuhan) sejahtera Untuk itu sebagai pelayan harus memotivasi warga jemaat untuk memerangi kemiskinan tersebut.
Demikian topik ceramah Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Nelson Siregar, STh di hadapan 40 mahasiswa Sekolah Pendeta HKBP Seminarium Sipoholon. Ceramah ini berlangsung pada hari Senin 21 April 2008 bertepatan dengan hari Kartini. Ceramah ini belangsung selama 3 jam dimulai pukul 15.00 Wib dan berakhir jam 16.00 Wib bertempat di auditorium HKBP Seminarium Sipoholon. Para mahasiswa sangat serius mendengarkan ceramah teologis ini sambil mencatat point-point tertentu untuk dikembangkan dan didiskusikan bersama. Pendeta Siregar mengharapkan ke 40 guru Huria yang sedang melanjutkan studi (tugas belajar) dalam lembaga pendidikan Teologia Sekolah Pendeta (SekPend) HKBP saat ini, harus benar-benar mempersiapkan diri dalam pelayanan kepada kaum marginal yang butuh pendampingan dan pelayanan berbasis diakonia. Para mahasiswa merespon pesan ini dan berjanji untuk semakin meningkatkan mutu pelayanan nantinya setelah lulus dari seminari ini.

Ceramah ini berakhir dengan sukacita dan penuh dengan keakraban. Selanjutnya diakhiri dengan sebuah koor dari Mahasiswa Sekolah Pendeta dan doa dipimpin oleh Kadep Diakonia HKBP


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: