Kuliah Umum Sekolah Pendeta

Salah satu program studi di lembaga sekolah Pendeta HKBP Seminarium Sipoholon adalah mengadakan kuliah umum. Kuliah umum ini dilakukan dalam rangka pembekalan mahasiswa sebagai calon pendeta HKBP yang saat ini mempersiapkan diri dalam pendidikan teologi praktis. Dalam kaitan itulah Direktur Sekolah Pendeta HKBP Pdt. Pahala J. Simanjuntak, MTh, mengundang Pdt. Dr. Sountilon Siahaan memberikan kuliah umum kepada mahasiswa sekolah Pendeta HKBP yang berjumlah 40 orang.

Pembicara_dan_Moderator_Kuliah_Umum.jpg

Pdt. Pahala Simanjuntak, MTh (kiri) bersama Pdt. Dr. SM Siahaan dalam kuliah umum Sekolah Pendeta.
Beliau adalah seorang doktor teologi dalam bidang Perjanjian Lama yang lulus dari salah satu universits Teologi terkenal di Jerman. Beliau seorang pendeta pensiun yang mempunyai pengalaman cukup banyak. Berbagai bidang pengalaman pelayanan telah dilaluinya. Mulai dari Pendeta Ressort, Rektor STT-HKBP dan Sekretaris Jenderal HKBP.Kuliah umum berlangsung selama satu hari yakni pada hari kamis, 10 April 2008. Ketiga kuliah umum ini dibagi dalam 3 session. Ketiga session tersebut dianggap perlu untuk membekali mahasiswa. Ketiga session tersebut adalah: Session I: Metode penafsiran Alkitab. Session II: Metode Penulisan ilmiah dan metode penulisan dalam bahasa Batak. Session III: Cara mempersiapkan khotbah dengan baik. Di sela-sela session tersebut Pdt. Dr. S.M. Siahaan juga menyisipkan berbagai tips untuk menjadi seorang pendeta yang baik. Artinya panggilan menjadi seorang pendeta harus benar-benar diyakini sebagai anugerah Allah.
Mahasiswa sangat bersyukur diadakannya kuliah umum seperti ini. Ada banyak hal yang mereka peroleh untuk menambah ilmu dan pengalaman sebagai calon-calon hamba Tuhan. Pdt. Dr. S.M. Siahaan juga menganjurkan mahasiswa untuk rajin menulis artikel sebab hal itu akan membiasakan diri seorang pelayan gereja dalam menghadirkan firman Allah. Penyampaian firman Allah (khotbah) bukan hanya pelayanan di mimbar tetapi melalui tulisan-tulisan ilmiah dan percakapan dengan orang lain. Dalam hal ini Siahaan memberikan satu buah buku : Pengharapan Mesias dalam Perjanjian Lama dalam edisi terbaru.
Oleh karena itu S.M. Siahaan sangat bangga dan menghargai upaya penulisan dua buku yang dilakukan oleh mahasiswa sekolah Pendeta. Buku tersebut adalah Hermeneutik I (Kumpulan Barita Mardongan Poda) dan Hermeneutik 2 (Kumpulan Renungan).
Foto_bersama_sesudah_kuliah_umum.jpg
Para Mahasiswa Sekolah Pendeta disaat foto bersama setelah kuliah umum
Kuliah umum ini berjalan dengan baik dan penuh sukacita, beberapa koor pujipujian dikumandangkan oleh mahasiswa sebagai rasa terimakasih kepada Tuhan. Dan untuk mengakhiri kuiah umum ini doa dipimpin oleh Pdt. Dr. S.M.Siahaan setelah ucapan terimakasih dari Sathin Hutahaean mewakili Mahasiswa dan ucapan terimakasih dari Direktur.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: